Kenali Macam-Macam Bahasa Cinta Anak

Maupun anda memiliki hubungan dengan anak yang indah atau tidak, untuk mencintai sang buah hati dengan tulus anda harus bisa mengerti dan mencintai diri anda sendiri serta mendewasakan diri agar memberikan sambutan aura positif bagi sang buah hati. Anda juga harus merelakan serta berdamai dengan rasa sakit dimasa lalu dan lebih mensyukuri atas hal-hal baik sekecil apapun yang telah anda dapatkan.

Begitu kita memahami hal ini, kita dapat belajar untuk merenungkan dan memahami hal-hal kecil yang ibu dan anak lakukan untuk menunjukkan cinta kepada kita dengan caranya sendiri. Kita juga dapat memperkuat hubungan kita, tidak hanya dengan pasangan hidup, tetapi juga dengan anak-anak kita.

Bahasa cinta merupakan bahasa yang dapat dimengeri oleh setiap manusia, bahkan juga dapat diterapkan dalam penyampaian Bahasa cinta anak dengan ibunya. Terdapat 5 bahasa cinta yang mendasar, yaitu:

  1. Words of Affirmation (Kata-kata Penegasan)
    Terkadang ibu atau anak dapat menyampaikan cintanya dengan mengucap “aku sayang ibu” atau “ibu sayang kamu”, ini merupakan bagian dari salah satu Bahasa cinta kata-kata penegasan. Penyampaian ini dapat dilakukan secara langsung disaat berhadapan antara ibu dan anak, melalui telepon, atau pesan dan surat.
  2. Acts of Service (Tindakan Pelayanan)
    Beberapa saat ibu atau anak suka memberi bantuan disaat melakukan sesuatu, dapat menjadi seorang anak membantu ibu mencuci pakaian, atau sang ibu membantu anak dalam mengerjakan pr-nya. Tindakan melayani menjadi bahasa cinta yang halus dan membantu disaat apapun.
  3. Receiving Gifts (Menerima Hadiah)
    Hubungan ibu dan anak juga terkadang memerlukan pembuktian nyata. Pembuktian itu dapat dimengerti sebagai pemberian hadiah yang berarti tanpa memikirkan harga atau maksud dari pemberian tersebut. Orang yang memiliki bahasa cinta ini akan memiliki perasaan untuk memberi hadiah.
  4. Quality Time (Waktu yang Berkualitas)
    Bahasa cinta ini lebih mementingkan waktu luang Bersama ibu dan anak. Rasa nyaman dan aman akan tercipta serta ibu atau anak akan selalu mengusahakan lebih lama untuk memakan waktu Bersama.
  5. Physical Touch (Sentuhan Fisik)
    Sentuhan fisik bukan berarti bahasa cinta yang vulgar, namun bisa seperti berpegangan tangan, pelukan, bahkan sebuah tepukan ibu dipunggung sang buah hati. Komunikasi cinta ini sangat efektif dalam memperat hubungan anak dengan ibunya.

Komunikasi juga menjadi kuncinya. Memahami bahasa cinta orang yang kita cintai adalah kunci untuk menciptakan hubungan yang memuaskan. Setelah Anda memahami apa bahasa cinta mereka, Anda dapat belajar mengungkapkan cinta Anda kepada mereka dengan cara yang paling mereka ketahui dan cintai.

Pusat Informasi dan Edukasi Keluarga Bahagia

Copyright © 2024 Ceria Care