Pentingnya Keluarga Untuk Perkembangan Anak

Perkembangan anak terjadi secara fisik, emosional, sosial, dan intelektual. Dapat diibaratkan seperti membangun sebuah bangunan besar, Anda harus memastikan bahwa bangunan itu memiliki fondasi yang kokoh, sehingga sisa bangunan dapat berdiri tegak dan kuat selama bertahun-tahun yang akan datang. Jika fondasinya tidak kuat, bangunan tidak dapat berdiri sendiri. Sama seperti seorang anak, jika fondasi kita tidak kokoh, kita akan lebih sulit untuk berhasil dalam hubungan kita dengan sang anak, bahkan diri kita sendiri. Jadi, tidak dapat cukup ditekankan betapa pentingnya keluarga dalam perkembangan seorang anak.

Keluarga bertanggung jawab untuk membentuk seorang anak dan mempengaruhi nilai-nilai, keterampilan, sosialisasi, dan keamanan mereka selama tahap perkembangan masa kanak-kanak ini. Cara yang baik untuk mengajarkan nilai-nilai kepada anak Anda adalah berdiskusi dengan mereka tentang pentingnya nilai-nilai yang baik dan tidak baik. Bahkan ketika anak Anda masih kecil, memberi mereka beberapa tanggung jawab, seperti membersihkan meja atau membantu menghibur teman atau saudara ketika mereka sakit, akan mulai mengajari mereka pentingnya nilai-nilai ini. Selain itu, menjelaskan pentingnya nilai akan membantu anak Anda memahami konsekuensinya.


Keterampilan yang sangat penting bagi perkembangan anak adalah emosi. Keterampilan emosional penting sepanjang hidup anak Anda karena mereka yang hanya dapat menentukan kapan harus bersimpati dan berbelas kasih kepada orang lain serta bagaimana menghadapi pasang surut yang datang dengan kehidupan. Jika anak Anda tidak memiliki keterampilan emosional yang tepat, mereka tidak akan mampu menghadapi hasil yang buruk. Jika mereka tidak memiliki keterampilan emosional, itu bisa mengarah pada pilihan destruktif ketika mereka lebih tua.

Mengajari bagaimana melakukan interaksi tatap muka sangat penting dalam perkembangan anak. Interaksi tatap muka memerlukan tanggapan langsung, ekspresi wajah, isyarat, nada suara tertentu, dan banyak lagi yang tidak kita terima melalui chat online. Inilah yang sebenarnya ingin dipelajari oleh anak Anda.

Ketika anak Anda merasa aman dalam keluarga, mereka dapat mengembangkan lebih banyak keterampilan. Seperti yang disebutkan Genie di atas, dia tidak pernah bisa mendapatkan keamanan sebelum dia diselamatkan. Karena itu, dia tidak dapat tumbuh dengan baik secara emosional, kognitif, atau fisik.

Membesarkan anak bisa sangat sulit, tetapi juga bisa sangat bermanfaat. Ingatlah untuk tidak hanya mengajar anak Anda, tetapi pastikan Anda bertindak dengan cara yang Anda harapkan dari anak Anda. Tidak mungkin untuk menjadi sempurna sepanjang waktu, tetapi Anda selalu dapat berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam hal peran Anda dalam perkembangan anak. Tidak ada orang yang sempurna dan tidak ada keluarga yang sempurna.

Pusat Informasi dan Edukasi Keluarga Bahagia

Copyright © 2024 Ceria Care