Pentingnya Sosok Ibu Untuk Anak Remaja

Seorang ibu akan selalu menjadi pahlawan dimata anak, disaat bahagia atau sedihnya sang anak maupun diusia anak atau remaja. Sosok ibu sangat penting bagi anak remaja dalam menghadapi hal-hal dan perubahan baru baginya, tetapi apa peran ibu sebenarnya dalam menghadapi sang buah hati yang meranjak remaja? Pada artikel ini akan membahas bagaimana cara yang tepat bagi seorang ibu untuk menemani perjalanan anak remaja yang sudah mulai terbuka untuk melihat kehidupan disekitarnya.

Terkadang seorang ibu lupa atau tidak memikirkan bagaimana cara pola pikir seorang anak remaja bekerja, sehingga membuat sang buah hati untuk memberi jarak kepada ibunya. Banyak anak remaja yang memandang ibunya kurang relevan atau tidak sesuai dengan kemauan sang anak, namun hal ini tidak berarti bahwa seorang anak remaja durhaka atau tidak sayang lagi kepada ibunya, karena setiap anak memiliki pikiran untuk memberikan yang terbaik bagi ibunya. Lalu kebanyakan ibu kurang memberi ruang bagi seorang anak remaja untuk berkembang menghadapi kehidupannya atau membatasi perilaku anak karena apa yang dilakukannya tidak sesuai dengan keinginan ibunya, hal ini dapat berdampak negative bagi pandangan sang anak terhadap ibunya, bahkan dalam menjalani hidupnya disaat dewasa nanti. Dari masalah-masalah ini, terdapat solusi agar seorang ibu mempererat hubungannya dengan anak remaja serta menjadi sosok yang penting baginya.

Anak remaja tidak dapat diasuh bagaikan anak kecil seperti dahulu kala, maka ibu dapat berperan layaknya seorang teman baginya. Dengan bermain peran menjadi teman dari sang buah hati, anak remaja akan lebih dekat dengan ibunya. Hal ini dapat terjadi karena masa remaja dapat menjadi masa dimana anak merasa kesepian. Sosok ibu dapat menjadi teman cerita atau tempat curhat bagi sang anak untuk meluapkan isi hatinya. Ibu juga bisa menjadi perang yang penting bagi sang anak remaja, karena kerahasiaan cerita anak dari tersebarnya kepada teman-temannya, maka sebagai sosok ibu yang baik bagi anaknya, ibu dapat menjaga kerahasiaan atau privasi anak untuk tidak tersebar, hal ini dapat memenuhi kebutuhan emosi bahkan jasmani bagi sang buah hati. Masa remaja juga merupakan masa dimana tingginya rasa ingin tahu sang anak, biarkan seorang anak remaja untuk berkreasi dan mempelajari hal-hal baru yang mungkin seorang ibu juga belum ketahui. Tetapi, bukan artinya melepas sang anak untuk melakukan apa saja yang memacu rasa penasarannya, selama hal yang dilakukan merupkan positif dan tidak berdampak buruk baginya maka jangan dihalang. Bila memang ada yang membuat sang ibu tidak berkenan, maka ibu dapat menasehati sang anak tanpa kekerasan atau marah yang berlebih, hal ini akan merusak peran teman bagi sang anak remaja dan memberi jarak bagi ibu dan anaknya. Sosok ibu yang baik bagi anaknya juga dapat memberi masukan tanpa memaksa kehendak sang ibu atau diluar batas sang anak, ibu harus bisa menyampaikan masukannya secara halus dan baik.

Setelah membaca artikel ini, dapat disimpulkan bahwa seorang ibu berperan penting bagi seorang anak remaja. Jadilah teman bagi sang anak, disaat Bahagia atau sedih sang anak untuk memenuhi kebutuhan emosinya. Jangan memaksa kehendak ibu bagi anak remaja atau membatasi perilaku anak berlebih, sosok ibu dapat memberi masukan secara halus dan lembut agar tidak membuat anak merasa tidak nyaman atau membuat jarak antara ibu dengan anak. Ibu akan selalu menjadi sosok yang penting bagi anak remaja karena adanya rasa nyaman dan kasih sayang

Pusat Informasi dan Edukasi Keluarga Bahagia

Copyright © 2024 Ceria Care