Resiko Perkawinan Anak di Usia Muda

Banyak studi yang bahwa pernikahan anak atau usia dini berisiko lebih tinggi mengalami gangguan mental seperti stress dan depresi. Hal ini terjadi karena ketidaksiapan dalam mengemban beban dan tanggung jawab sebagai orang tua atau suami-istri.

Tak hanya berdampak pada psikologis, pernikahan anak atau pada usia dini juga bisa berdampak pada masalah kesehatan, khususnya perempuan yaitu rendahnya tingkat kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian ibu dan bayi.

Berikut ini adalah beberapa risiko serius pada pernikahan anak atau usia dini.

  1. Risiko pendarahan dan keguguran.
    Kondisi fisik anak perempuan yang belum cukup matang mengakibatkan organ reproduksinya rentan. Selain itu, kehamilan dibawah usia 20 tahun akan berisiko menyebabkan terjadinya pendarahan, anemia, dan keguguran.
  2. Risiko Kondisi Bayi stunting.
    Selain berdampak pada kondisi fisik ibu, hal ini juga berdampak pada kondisi bayi. Ini bisa berisiko bayi lahir yang bersifat premature yang menyebabkan bayi berisiko mengalami lahir dalam keadaan kurang gizi atau cacat lahir.
  3. Risiko KDRT
    Pernikahan di usia dini akan menganggu kesehatan mental pasangan. Kondisi emosional yang belum cukup dan stabil akan sangat memungkinkan terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Selain KDRT, perceraian juga sangat mungkin terjadi karena kondisi penyelesaian masalah pasangan usia dini belum matang dan stabil.
  4. Risiko Putus Pendidikan
    Dikarenakan sudah memiliki rumah tangga dan akan banyak persoalan yan diurus, hal ini sangat memungkinkan bagi pasangan menikah usia dini berhenti bersekolah. Hal ini disebabkan karena pasangan usia dini harus melakukan tanggung jawabnya sebagai orangtua dan suami-istri.
  5. Risiko Kesulitan ekonomi
    Karena kondisinya dibawah umur, tentu mencari pekerjaan akan terasa sulit, hal ini nantinya akan berakibat kesulitan ekonomi dan jangka jauhnya adalah terjadinya penelantaran anak.

Jadi untuk orang tua yang memaksa anaknya menikah di usia muda yang kiranya dinilai belum siap, sebaiknya untuk mempersiapkan anak anda terlebih dahulu karena risikonya sangat besar dan rentan dengan kegagalan berumah tangga.

Pusat Informasi dan Edukasi Keluarga Bahagia

Copyright © 2024 Ceria Care